iklan

Fried Chicken Ala Korea. Disana Namanya "Yangnyeom Tongdak"

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

VidioMasakan - Siapa sih yang tidak suka makan ayam. Dari anak kecil sampai orang dewasa pasti menyukai makanan yang satu ini. Cara memasak ayam juga banyak sekali variasinya, bisa dengan cara di goreng, di masak kuah, di buat nugget dan juga bisa di buat campuran berbagai olahan masakan seperti soto, nasi goreng dan masih banyak lagi. Untuk itu tidak heran banyak orang sangat menyukai menu yang satu ini.

Berhubung nama masakan ini mungkin belum familier, jadi cerita sedikit ya soal Yangnyeom Tongdak ini. Yangnyeom kurang lebih berarti dibumbui, Tongdak artinya ayam utuh. Masakan ini berasal dari Korea. Aslinya, ayam utuh berukuran kecil dipotong-potong, dibalur adonan tepung, digoreng, dan dicampur dengan bumbu pedas manis asam (source: Maangchi’s Fried Chicken, Yangnyeom Tongdak).

Kali ini saya menggunakan bagian paha ayam atas dan paha ayam bawah, anda pun bisa menggunakan bagian daging ayam yang anda sukai, misal dada ayam atau sayap ayam. Langsung saja yuk kita membuatnya…:)

Bahan :

8 buah paha ayam besar, potong jadi dua bagian. Paha atas dan paha bawah ( total 16 potong )
1 sdt garam
1 sdt lada hitam kasar
1/2 cup tepung kentang
1/4 cup tepung terigu
1/4 cup tepung ketan
1 sdt baking soda
1 butir telur
700 ml canola oil ( atau boleh menggunakan minyak sayur biasa )

Sauce :

1 sdm minyak canola
4 siung bawang putih, cincang
1/3 cup saus tomat
1/3 cup rice syrup
1/4 cup gochuchang ( Cabai pasta Korea )
1 sdm apple vinegar

Cara Membuat :

1. Siapkan semua bahan.

2. Bumbui ayam dengan lada hitam dan garam. Aduk – aduk dengan tangan hingga rata. Diamkan 10 menit agar bumbu meresap.

3. Dalam mangkuk besar masukan jadi satu tepung kentang, tepung terigu, tepung ketan, baking soda dan telur. Aduk rata dengan menggunakan tangan. Masukan Ayam. Aduk rata hingga ayam terbalut rata dengan adonan tepung.

4. Panaskan minyak goreng. Gunakan api sedang. Goreng ayam hingga setengah matang. Angkat. Masukan sisa ayam dan goreng setengah matang. Angkat. Goreng sekali lagi ayam yang pertama hingga matang dan berwarna kecokelatan. Masukan dan goreng ayam yang kedua hingga matang dan berwarna kecokelatan. Angkat.
Note : penggorengan ayam sampai dua kali ini di maksudkan agar ayam matang sempurna sampai ke dalam – dalamnya, dan juga rasa ayam akan selalu renyah.

5. Sauce : Panaskan sedikit minyak dalam wajan. Tumis bawang putih hingga layu. Masukkan semua bahan sauce. Didihkan hingga mengental.

6. Masukkan gorengan ayam. Aduk hingga saus membalut semua badan ayam. Matikan kompor.

7. Sajikan ayam dengan taburan wijen diatasnya.

Selesai, selamat mencoba...

Sumber: Sedapsekejap.net

ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Fried Chicken Ala Korea. Disana Namanya "Yangnyeom Tongdak""

Posting Komentar