iklan

Tips Masak Ketupat Yang Enak & Nggak Keras. Tapi Juga Gak Lembek!

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

VidioMasakan - Tapi terkadang banyak orang bingung bagaimana agar ketupat yang dimasak bisa pulen, tidak keras tapi juga tidak lembek sehingga tampilannya enak dipandang dan enak dimakan. Ada triknya untuk bisa mendapatkan ketupat yang enak dan tak mudah hancur tapi juga tak terlalu keras.

1. Pilih beras pulen

Jenis beras mempengaruhi tekstur ketupat. Pilih beras yang pulen dan berkualitas baik. Jika punya beras pera (jika dimasak hasilnya butiran-butiran nasi terpisah), kamu juga bisa menggunakannya. Tapi diisi lebih sedikit dibandingkan jika kamu memakai beras pulen. Rendam beras kira-kira 30 menit agar mudah mengembang.

2. Air kapur

Setelah beras dicuci bersih, tuang 3-5 sendok makan air kapur sirih. Fungsi air kapur adalah untuk membuat tekstur ketupat padat dan kenyal. Campur rata dengan beras. Biasanya beras akan berubah warna agak kekuningan. Setelah itu, bilas sekali, dan beras siap dimasukkan ke dalam wadah daun ketupat.

3. Perhatikan takaran

Agar hasil ketupat tak terlalu padat, jangan mengisi beras terlalu banyak, begitu juga jika tak ingin ketupat lembek, jangan diisi terlalu sedikit. Takaran yang pas kira-kira 3/4 dari ukuran daun ketupat. Kalau berasnya sedikit pera, isikan 1/3 bagiannya saja.

4. Masak hingga terendam

Saat memasak ketupat, pastikan ketupat terendam seluruhnya di dalam panci agar matangnya merata. Akan lebih baik jika memasak saat air sudah panas untuk mempercepat pemasakan. Kalau air berkurang, tambahkan lagi air mendidih supaya suhunya tetap stabil.

Waktu memasak kurang lebih 3-5 jam lamanya sampai ketupat benar-benar matang, padat dan hasilnya empuk dan enak. Setelah ketupat matang, tiriskan dan angin-anginkan ya. Itu dia tips yang bisa kamu ikuti untuk hasil ketupat enak, padat, tak keras tapi juga tak lembek.

Sumber: Vemale.com

ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Tips Masak Ketupat Yang Enak & Nggak Keras. Tapi Juga Gak Lembek!"

Posting Komentar