iklan

Resep Membuat Nasi Bakar Ayam Yang Praktis dan Enak

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

VidioMasakan - Resep Nasi Bakar Enak yang Simpel dan Mudah dapat dilakukan oleh siapa saja. Buatlah nasi bakar yang enak di rumah sesuai resep untuk Anda dan keluarga.

Apakah Anda sedang mencari resep nasi bakar? Jika iya, simaklah uraian berikut ini yang akan membahas mengenai cari membuat nasi bakar. Nasi bakar memang termasuk menu makanan favorit, sejak dahulu makanan ini disukai banyak orang. Nasi yang satu ini biasanya diolah dengan daging ayam dan ikan teri. Menu makanan ini sangat nikmat jika dinikmati di siang ataupun malam hari. Rasanya yang nikmat dan aromanya yang khas memang merupakan daya tariknya sendiri. Tidak heran jika banyak orang yang menyukai makanan yang satu ini.

Jika anda bosan dengan Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih atau Nasi Goreng Telur Pedas. Cobalah resep nasi bakar berikut ini untuk Anda yang ingin membuatnya sendiri di rumah. Resep berikut ini cukup simpel, cocok untuk Anda para pemula yang belum pernah membuat nasi bakar. Proses pembuatan nasi bakar tergolong simpel sehingga dapat dilakukan oleh siapa saja. Namun sebelum memulai proses pembuatannya, siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat nasi bakar. Untuk ulasan berikut ini merupakan resep cara membuat nasi bakar daging ayam dan ikan teri.

Bahan utama:

- Beras 500 gram (cuci sampai bersih lalu tiriskan)
- Daun salam 3 lembar
- Garam halus ½ sendok makan
- Santan sebanyak 600 ml
- Serai 2 batang
- Bawang merah 50 gram (iris halus)
- Kaldu bubuk 1 sendok teh
- Minyak goreng secukupnya
- Daun pisang dan lidi secukupnya

Bahan isi:

- Daging ayam 150 gram (potong dadu)
- Ikan teri 100 gram (cuci bersih lalu goreng)
- Cabai merah besar 2 buah (potong serong)
- Cabai hijau besar 2 buah (potong serong)
- Cabai rawit hijau 4 buah (potong serong)
- Bawang putih 3 siung (cincang halus)
- Garam 1 sendok teh
- Gula pasir 1 sendok teh
- Minyak goreng secukupnya
- Kaldu bubuk 1 sendok teh

Setelah menyiapkan bahan-bahan tersebut, Anda juga harus menyiapkan bambu untuk membakar nasi. Resep nasi bakar berikut ini menggunakan bambu untuk proses pembakaran nasinya agar terasa lebih nikmat. Anda juga dapat menyiapkan bahan-bahan lain untuk pendamping nasi bakar ini. Anda dapat menyiapkan ayam goreng, tahu goreng, sambal dan juga lalapan.

Cara Memasak :

1. Langkah pertama dalam proses pembuatan nasi bakar yaitu tumis bumbu. Panaskan minyak secukupnya, masukkan bawang putih, cabai merah, cabai hijau dan cabai rawit. Tumis sampai semuanya layu, tumis menggunakan api kecil.
2. Jika bumbu sudah ditumis hingga layu dan baunya harum, resep nasi bakar selanjutnya yaitu masukkan daging ayam. Sambil terus diaduk, masukkan sedikit air agar bumbu dapat meresap ke dalam daging ayam.
3. Masukkan juga bahan-bahan isi lainnya yaitu ikan teri, gula pasir, garam dan juga kaldu. Setelah matang, Anda dapat mematikan api lalu sisihkan bahan isian ini.
4. Langkah berikutnya yaitu tumis bawang merah menggunakan minyak goreng secukupnya. Tumislah sampai baunya harum lalu tuang santan.
5. Jangan lupa untuk memasukkan bahan-bahan lain seperti daun salam, garam, serai dan kaldu bubuk. Masaklah semua bahan tersebut sampai santannya mendidih, jangan lupa untuk terus mengaduknya.
6. Resep nasi bakar berikutnya yaitu masukkan beras ke dalam masakan Anda tersebut. Masak beras sampai santannya mengering dan meresap ke dalam beras. Jika santannya telah mengering, Anda dapat mengangkatnya.
7. Jika beras yang Anda masak sudah menjadi nasi aron, kukuslah selama kurang lebih 20 menit. Jika sudah matang Anda dapat mengangkatnya.
8. Langkah selanjutnya yaitu letakkan nasi pada daun pisang yang telah Anda bersihkan dan potong-potong. Letakkan nasi secukupnya lalu beri isian yang telah Anda buat sebelumnya. Kemudian bungkus nasi tersebut hingga terbentuk seperti lontong. Sematkan lidi pada kedua ujungnya sebagai pengikat agar bungkusan tersebut tidak mudah terbuka.
9. Masukkan bungkusan nasi tersebut ke dalam bambu yang telah Anda siapkan sebelumnya. Tutup sisi bambu yang berlubang menggunakan daun sampai rapat. Setelah itu bakar nasi sampai matang, jangan sampai gosong.

Sumber: Resepmasakanindonesia.me

ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Resep Membuat Nasi Bakar Ayam Yang Praktis dan Enak"

Posting Komentar