iklan

Resep Sambal Pecel Lele Yang Enak Pedas ala Warung Pecel Lele

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

VideoMasakan - Nikmati hidangan dengan lebih lahap dan menggugah selera dengan resep sambal pecel lele. Di kalangan masyarakat, menu pecel lele sudah tidak asing lagi. Menu ini ada dari mulai rumah makan tenda di pinggir jalan hingga restoran. Masyarakat menyukai hidangan yang berasal dari ikan berkumis ini bukan hanya karena harganya yang terjangkau, tapi juga rasanya yang enak dan gurih setelah diolah. Lele pun tidak kalah kandungannya dengan ikan lainnya. Lele mengandung protein yang sangat tinggi. Setidaknya, terdapat 20% protein dalam lele berikut lemak tak jenuhnya yang bermanfaat bagi metabolisme tubuh kita.

Bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan, lele mendukung perkembangan otaknya dengan kandungan vitamin A, omega 3, dan omega 6. Karena lemak yang terkandung dalam lele juga merupakan lemak tak jenuh, maka ikan ini pun mampu menurunkan kadar kolesterol jahat tersebut. Penderita kolesterol tinggi, aman mengkonsumsinya. Untuk yang sedang diet dan menghindari makanan berlemak tinggi, lele bisa jadi alternatif pengganti lauk baik daging ayam atau sapi. Kandungan lemaknya lebih rendah dari pada kedua jenis daging tersebut.

Lele diolah dengan cara umum yaitu digoreng kemudian disajikan sebagai pecel agar lebih nikmat rasanya. Yaitu, dengan menyertakan sambal pecel dan lalapan. Rasa gurih dari ikan berpadu dengan sambal pedas dan segarnya lalapan akan membangkitkan selera makan Anda. Untuk menemukan penjual pecel lele memang akan sedikit sulit pada siang hari. Biasanya, penjual pecel lele mulai berjualan ketika sore menjelang malam. Namun, untuk Anda di rumah jika mempunyai lele dan menggorengnya untuk sajian makan siang juga bisa. Anda hanya tinggal menyiapkan saja sambal pecelnya yang khas agar rasa pecel lele Anda terasa spesial enaknya, seperti yang biasa dijual. Berikut iniresep sambal pecel lele tersebut. Bahan dan cara membuat resep pedas sambal pecel lele mudah sekali dicari dan bisa Anda sesuaikan dengan selera.

Bahan-Bahan Sambal Pecel Lele:

1. Tomat merah segar berukuran sedang, 3 buah. Pilih tomat sayur dengan ukuran daging yang tipis.
2. Cabai merah besar yang segar, 5 buah. Opsional jumlahnya bisa Anda tambah jika ingin rasa yang lebih pedas. Namun, rasa pedas dari cabai merah tidak sepedas cabai rawit. Jadi, jika ingin rasa lebih pedas, sebaiknya penambahan pada cabai rawit saja.
3. Bawang merah, 10 siung.
4. Bawang putih, 5 siung.
5. Cabai rawit segar, 21 buah. Tambahkan jumlah yang lebih banyak untuk rasa yang semakin pedas atau kurangi jika tidak ingin terlalu pedas.
6. Kemiri, 2 butir. Bisa juga Anda ganti dengan kacang mete, 3 biji untuk mendapatkan rasa yang lebih khas,
7. Gula merah yang telah disisir, 1 sendok makan.
8. Garam, secukupnya.
9. Minyak goreng, secukupnya.
10. Terasi, secukupnya. Anda bisa melewati atau menghilangkan bahan ini jika tidak suka.
11. Penyedap rasa, secukupnya. Namun, untuk masakkan yang lebih sehat Anda tidak perlu menambahkannya.

Cara Membuat Sambal Pecel Lele Pedas dan Nikmat:

1. Pastikan semua bahan telah Anda cuci bersih. Mulai dari cabai, tomat, dan bawangnya.
2. Siapkan wajan dan panaskan minyak dalam api sedang. Goreng cabai merah, cabai rawit, tomat, bawang merah, bawang putih, terasi, dan kemirinya. Aduk dan goreng hingga matang. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
3. Siapakan ulekan atau cobek. Tuangkan semua bahan yang telah digoreng tadi pada ulekan atau cobek tersebut. tambahkan garam dan sisiran gula merah. Ulek kasha semua bahan, jangan terlalu halus.
4. Untuk hasil yang lebih cepat, Anda bisa menggunakan blender hanya saja hasilnya pasti sangat halus sehingga tidak akan senikmat sambal yang diulek.
5. Sambal pun siap disajikan baik itu di piring saji atau diulekannya langsung.
6. Anda bisa menyajikan sambal pecel lele ini tidak hanya dengan ikan lele saja tapi juga ikan goreng lainnya. Bisa juga dengan ayam atau bebek goreng. Untuk pilihan 7. lalapannya, bisa berupa irisan mentimun, daun selada, daun kemangi, atau kol goreng. Coba juga resep ayam goreng penyet yang biasa disajikan di rumah makan untuk sajian di rumah setiap saat.

Selamat Mencoba...

Sumber: Resepmedia.com

ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Resep Sambal Pecel Lele Yang Enak Pedas ala Warung Pecel Lele"

Posting Komentar